FAQ

Tentang Kurikulum

sam.sch.id menggunakan Kurikulum 2013 dan KTSP

Buku-buku referensi yang dibeli dengan dana Yayasan Pelita Aksara, Buku pendamping untuk pengayaan, dan buku-buku siswa yang disediakan sebagai referensi di perpustakaan sekolah sam.sch.id.

Tugas-tugas sekolah di sam.sch.id diberikan dalam bentuk tugas individu, tugas team, dan projek-projek.

sekolahalam minangkabau tidak memberlakukan Pekerjaan Rumah (PR) bagi setiap siswa kecuali hanya sedikit pada kondisi tertentu seperti Hafalan Tahfizh dan beberapa tugas mata pelajaran, sebab sekolah tahu waktu di rumah adalah waktu siswa bersama keluarganya.

Untuk TK-PAUD mulai Pukul 08.00-12.00 WIB (4 jam)

Untuk SD-SL mulai Pukul 07.30-16.00 WIB (8,5 jam) include MDTA (Madrasah Diniyyah Takmiliyah Awaliyah)

Orangtua memberitahukan perizinan melalui website sekolah, dengan link IZIN SISWA.

Jumlah siswa perkelas maksimal 10-15 siswa.

Untuk siswa SD hingga SL, soal ujian diberikan dalam 2 bentuk :

  1. Ujian Lisan (hanya dilakukan di akhir semester)
  2. Ujian Tulisan/Karya :
    • Termen 1 : Rapor Narasi
    • Termen 2 : Rapor Portofolio
    • Termen 3 : Rapor Diknas

Tentang SDM

Guru atau fasilitator di sam.sch.id 90% adalah tamatan Strata 1 dari Perguruan Tinggi Terkenal Kota Padang, Universitas Andalas, Universitas Eka Sakti, Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta dan STKIP PGRI.

Sangat dekat, kekeluargaan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Komunikasi fasilitator dan orang tua terjalin sangat efektif secara langsung dan secara tidak langsung. Komunikasi secara tidak langsung dapat menggunakan:

Staf pengajar di sam.sch.id selalu mendapat training secara rutin. Sebagai contoh, Upgrading Fasilitator 1 kali sesemester, training-training undangan, pengembangan membaca Al-Qur’an (tahsin qira’ah), pengembangan pedagogik mengajar, Pengembangan Pengetahuan tentang siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Tentang Pendaftaran

Di sam.sch.id proses penerimaan siswa baru dilakukan dengan 3 tahap :

1. Seleksi Administrasi

Orang tua mengetahui rincian biaya, memenuhi syarat-syarat penerimaan siswa baru dan menandatangani Surat Kesepakatan dll.

2. Proses SIT IN

Siswa mengikuti masa ujicoba duduk di kelas selama 3 hari dan atau 5 hari di kelas yang akan ia tuju.

3. Wawancara Orang Tua

Orang tua mengikuti wawancara bersama Fasilitator Kelas dan Kepala Sekolah mengenai perkembangan anak.

Untuk biaya pembelian formulir sebesar Rp. 100.000 + Biaya SIT IN sebesar Rp. 350.000

Ada.  Dibayarkan setiap awal tahun ajaran baru dengan nominal yang telah disepakati di awal.

  • Untuk siswa TK-PAUD sebesar Rp. 1.250.000,-
  • Untuk siswa SD sebesar Rp. 1.500.000,-
  • Untuk siswa SL sebesar Rp. 2.000.000,-

Besaran uang kegiatan mungkin berubah-ubah setiap tahunnya, dengan lebih awal kita beritahukan kembali ke orang tua.

Bisa. Orang tua dapat mengirimkan uang pendaftaran atau donasi setiap bulannya ke nomor rekening Yayasan.

BANK CIMB NIAGA : atas nama Yayasan Pelita Aksara, nomor rekening [7053. 2159. 1200]